Halaman Muka

Selasa, 27 Juli 2010

Putsa / Apel India (Ziziphus mauritiana Lam)


Putsa dikenal juga dengan apel india (Indian Jujube) adalah sejenis pohon semak berduri dengan warna batang dan daunnya yang hijau, mampu mencapai ketinggian 10 - 12 meter di habitat aslinya, namun apabila di tanam dalam pot tinggi hanya mencapai 1 – 1,5 meter. Merupakan tanaman tropis dan sub-tropis yang berasal dari India.

Tanaman ini menghasilkan buah yang berwarna bulat sebesar tomat berwarna hijau dengan diameter 3 – 7 cm dan mirip dengan buah apel (apel malang). Tekstur dan rasa buahnya hampir sama dengan buah apel yaitu asam dan manis, hanya putsa memiliki tekstur lebih lembut. Dagingnya berwarna putih yang dibungkus oleh kulit tipis berwarna hijau mengkilap serta memiliki aroma yang menggugah selera.

Tanaman ini termasuk tanaman bandel yang bisa beradaftasi pada berbagai kondisi dan lingkungan. Dapat tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi (0 - 1500m dpl). Tahan terhadap kondisi kekeringan (curah hujan 150 – 2500 mm/thn). Bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, tapi ideal di tanam di tanah yang subur, gembur dan porous.

Tanaman termasuk genjah dan rajin buah dengan perawatan yang tidak terlalu sulit. Biasanya mulai berbuah pada umur 2-3 tahun. Yang perlu diperhatikan disini adalah bila ditanam dalam pot, batang pohon kadang cenderung merambat karena batangnya agak lemas sehingga tidak mampu menahan beban apalagi bila sedang berbuah. Untuk itu diperlukan penyangga berupa ajir bambu atau bisa dari bahan lainnya. Bentuk dan bahan dimodifikasi sesuai kemampuan dan kreatifitas masing-masing. Perawatan lainnya adalah pemangkasan dan pemupukan seperti halnya pada tanaman buah.

Putsa bisa dijadikan pilihan menarik untuk koleksi tanaman anda, baik ditanaman di pot sebagai tanaman tabulampot maupun di tanam di pekarangan rumah. Mereka yang ingin merasakan sensasi buah apel segar dari pohonnya, bisa mencoba untuk menanam pohon putsa ini karena kemiripannya dengan buah apel yang harus ditanam di daerah tertentu, sedangkan putsa dapat tumbuh dan berbuah dengan mudah di pekarangan rumah anda.

Syarat Tumbuh :
Ketinggian : 0 - 1500 m dpl
Jenis tanah : Semua jenis tanah
Curah hujan : 125 – 2500 mm/thn
Iklim : Tropis dan Sub-tropis
Suhu : 15 – 40o C
Sinar matahari : penuh - sedang

Spek bibit tanaman:

Tinggi : 30 – 50 cm
Asal : grafting
Kontainer : polybag 1 ltr
Media : Tanah, sekam, pupuk
Harga : Rp 65.000/pohon
Panen : mulai umur 2-3 tahun vegetatif

Sentra Tani Bogor
Jl. Palupuh Raya No. 4 Perumnas Bantarjati
(Seberang Puskesmas Tegal Gundil)
Kota Bogor 16152

Email : sentratani@gmail.com

Info :

Call/SMS : 0853 11 222 900 - 0878 600700 55 (Dian/Deni)
WA : 0857 16969 111

http://sentratani_bogor.indonetwork.co.id/
www.sentratanibogor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda