Halaman Muka

Selasa, 23 Maret 2010

Peluang Usaha - Menjadi Jutawan lewat Usaha Agro Jabon dan Sengon

Sekedar sharing………

Buat rekan2 ini hanya cerita santai spt obrolan di waktu pagi sambil ngopi, silahkan penilaian dikembalikan pada penafsiran masing-masing.

Buat rekan2 yang bingung mau usaha apa, dibidang apa atau mau investasi apa tapi belum punya gambaran atau ide. Dan mungkin sebagian lagi, bagi mereka yg mempunyai uang tidur atau lahan tidur, terbengkalai dan tidak tahu mau dimanfaatkan apa, kenapa tidak mulai dari sekarang untuk segera merealisasikan ide untuk memulai usaha atau memanfaatkan lahan yg kita punya, atau lahan punya saudara, kenalan yg belum dimanfaatkan, dengan berusaha atau memulai investasi di bidang agrobisnis.

Pertanyaannya usaha di bidang agrobisnis apa?
Kita tarik ke masa pada waktu Indonesia mengalami multi krisis pada tahun 1998, bidang usaha agrobisnis ini tidak banyak terpengaruh dan bahkan malah banyak yg meraup keuntungan dari krisis tersebut. Terutama mereka yg berorientasi ekspor yg mana keuntungannya bisa didapat dari kenaikan kurs mata uang rupiah terhadap dollar yg biasanya lazim dipakai sebagai mata uang utk bertransaksi ekspor-impor. Bidang ini, menyumbangkan devisa yg signifikan untuk menambah cadangan devisa Negara kita.

Untuk waktu sekarang dan bbrp tahun ke depan, usaha dibidang agrobisnis masih mempunyai peluang usaha yang cerah. Termasuk di dalamnya usaha penanaman tanaman kayu (penghijauan) jenis pohon jabon atau sengon. Kita bisa lihat dan dengar, berapa harga kayu di toko bahan bangunan di sekitar kita? Harganya dari tahun ke tahun terus merangkak naik. Itu contoh sederhananya.

Kenapa pohon jabon atau sengon yg dipilih ?

Pertimbangannya karena jenis kedua pohon ini relatif singkat masa investasi atau panennya dibandingkan dengan jenis pohon kayu lain (kl 3 – 5 tahun). Jadi pengembalian modalnya bisa cepat berikut keuntungannya. Biasa, kan umumnya orang jaman skrang pengen serba cepat (spt fenomena menjamurnya jajanan cepat saji, mie instan, kopi instan, ayam instan, nonie instan he..he..he..)

Kemudian kelebihan lainnya, investasinya relative kecil tidak membutuhkan dana investasi ampe tus – tus an atau mil – mil an. Silahkan tanyakan aja pada juragan-juragan yg telah lama bergelut dibidang penanaman jenis pohon ini. (Silahkan buat agan/bos kalo berkenan di sharing buat rekan-rekan yg lain).

Sebagai bahan perbandingan, kalo invest di penanaman pohon jati, itu termasuk jangka waktu menengah dan panjang. Paaaanjaaang dan laaaamaaaa…… (spt bunyi iklan makanan anak). Nah kalo yg ini alternative buat mereka yg sabar dan santai serta tidak diburu-buru atau dikejar storan. Alias investasi buat ke depan, buat anak-anak kita nanti. Tapi kelebihannya, harga jualnya bro jelas lebih manteb. (udah ah ini dibahas lain kali).

Harga jual sengon perbatang/pohon atau bisa dengan ukuran per meter kubiknya berkisar diantara range 300ribu – 800 ribu bergantung pada kualitas kayu dan diameter kayunya.

Sekarang kalo kita bandingkan dg investasi lain, contohnya bila kita naro uang kita di bank misalkan dalam produk bentuk deposito berapa bunga yg kita dapat untuk jangka waktu 3 – 5 tahun. Dengan bunga, tarolah 10 % pertahunnya. Sedangkan dengan investasi usaha dibidang penanaman sengon bisa menghasilkan pendapatan yang jauh berlipat-lipat dibandingkan dengan naro uang di bank. Sekalipun dengan bank yg mampu menawarkan bunga deposito menarik, macam bank yg di pansuskan itu tuh.

Sebagai gambaran, dengan memanfaatkan lahan sekitar 1ha bisa ditanami bibit sekitar 1.000 – 1.500 bibit, dengan hitungan kasar kita investasi sekitar 40-60 juta akan dihasilkan kotor sekitar 300 - 450juta kalo harga perbatang pohonnya kita ambil contoh yg terendah yaitu 300 ribu/pohon. Sedangkan varietas harga pohon ini dalam range 300 ribu – 800 ribu /pohon.

Pertanyaan selanjutnya: Dijual kemana hasil produksi Kayu jabon/sengon kita apabila panen nanti?
Tidak usah khawatir, dan jangan takut. Selama kayu masih dibutuhkan, selama orang masih bikin rumah, selama barang2 dr kayu masih dipakai, selama dst.  dst. ……. maka kayu itu masih ada pasarnya. Kalo masih bingung juga, kemana dan kesiapa menjualnya?  He…he…he Kita bisa bantu memasarkannya atau orang lain yg bergerak dibidang ini bisa menghandelnya. Silahkan kalo mau pasarkan sendiri sambil jalan selama menunggu masa panen anda bisa cari informasi siapa penampung kayu hasil panen kita. Caranya : bertanya itu sudah tentu atau bisa juga mengiklankannya.

Produsen yg memerlukan bahan baku kayu jenis ini, adalah industry plywood, industry pulp, para pengrajin, para Bandar dan tukang kayu, dsb.

Investasi dibidang ini, menurut saya yg newbie banyak manfaatnya dari pada mudaratnya (kalo istilah pak ustad).  Pertama, kita mendukung program dunia dan pemerintah dalam rangka mencegah bahaya pemanasan gombal (Global Warming), go green go, save the earth, save the planet, membantu agar lubang lapisan ozon  kita tidak semakin menganga ato apa lagi ya slogan-slogannya?? Pokoknya itulah Penghijauan.
Kedua kita memanfaatkan lahan tidur yg terbengkalai tidak terurus untuk dimanfaatkan menjadi lahan produktif, atau kita juga bisa mengurangi bahaya erosi dan banjir kalo musim hujan karena banyaknya lahan yg gundul dan tidak dimanfaatkan. Dengan ini, kita bisa dikatakan menjadi usahawan yg bisa memberikan manfaat pada lingkungan sekitarnya baik alam maupun sosial. Kita jangan meniru perilaku spt pemilik HPH yg nakal, illegal loging yg memperparah rusaknya kondisi lingkungan dan alam kita.

Pada saat ini, kita juga sudah mulai menjalin kerjasama dan hubungan mutualisma yg baik dg orang yang ingin memanfaatkan lahannya untuk diinvestasikan dan dimanfaatkan di bidang ini. Kerjasama yg dijalin bisa bervariasi, ada yg kedudukan kita hanya penyuplai bibit dan sarana/prasarana, ada yang menyerahkan lahannya untuk digarap/diinvestasikan dibawah manajemen kami sebagai pelaksana, ada juga yang konsultasi untuk investasi dengan mengolah sendiri lahannya, dst.

Wah.. ngga terasa nih tahu-tahu tangan udah pegel. Sptnya cerita ini cukup sampai sekian dulu, silahkan rekan-rekan yang lain memberikan tanggapan, respon atau menambahkan kalo ada yg kurang, atau koreksi bila tulisan saya salah. Bila ada kata yg salah mohon maklum dan dimaafkan. Lain waktu di lanjut lagi.
Yu.. mang… goyang…

Sentra Tani Bogor
Jl. Palupuh Raya No. 4 Perumnas Bantarjati
Kota Bogor 16152

Info Teknis :
Deni
Call/SMS : 087860070055 - 089 66 22 50500
(Jika telp. tidak dapat dihubungi/tidak terjawab, mohon tinggalkan SMS)

Whatsapp : 0838 110 78882

Pemesanan :
Dian (sms) : 085311222900 - 085716969111
Deni (call/sms) : 087860070055 - 089 66 22 50500

Whatsapp : 0838 110 78882

Format pemesanan :

Nama :
Alamat :
Nama Bibit :
Ukuran :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda